TOKYO – Setelah Honda, BWM, dan juga KTM, Yamaha menjadi pabrikan sepeda gowes motor terbaru yang dimaksud memperkenalkan transmisi otomatis untuk sepeda gowes motor yang diberi nama Yamaha Automated Manual Transmision (AMT).
Menurut Yamaha, sistem yang disebutkan memungkinkan pengendara untuk fokus penuh pada pengalaman mengendarai kendaraan beroda dua motor bertenaga tinggi.
Seperti dilansir dari Rideapart, berdasarkan pernyataan tersebut, hampir dapat dipastikan sistem AMT ini akan cocok pada model bertenaga lebih tinggi seperti MT-07, MT-09, Tracer 7, Tracer 9 dan juga beberapa model lainnya.
Seperti merek lain yang mana ada ke pasaran pada waktu ini, pengendara dapat memilih untuk mengoperasikan mesin pada mode otomatis penuh (turn and go) atau mengaktifkan mode manual (mengganti gigi dengan menekan tombol (+) lalu (-) seperti yang mana terdapat pada model DCT yang dimaksud ditawarkan. Honda.
Artinya, sepeda gowes motor bertransmisi AMT tak lagi menawarkan perpindahan gigi yang dimaksud dioperasikan dengan kaki. Menurut Yamaha, pengoperasian perpindahan gigi akan ditangani oleh dua aktuator elektrik yang dimaksud menggantikan fungsi kopling juga kaki. Yamaha mengklaim aktuatornya semata-mata berbobot 2,8kg.
Menariknya, Yamaha menginformasikan bahwa sistem AMT akan memaksimalkan karakter mesin ‘crossplane’ yang mana ada.
Sebagai catatan, ini bukanlah pertama kalinya Yamaha memperkenalkan transmisi otomatis seperti yang dimaksud diwujudkan lebih besar dari 20 tahun sesudah itu melalui sistem YCC-S (Yamaha Chip Controlled Shift) yang mana digunakan pada FJR1300. Sistem ini memungkinkan pengendara mengganti gigi secara manual menggunakan jari.
Artikel ini disadur dari Yamaha Kenalkan Transmisi Otomatis untuk Motor Sport