BEIJING – Benelli memperkenalkan TRK552 penerus Benelli TRK502 yang memulai debutnya pada tahun 2017. Model lawasnya sudah pernah melalui beberapa kali pembaruan, meskipun tak signifikan.
Namun kelas petualangan 400cc hingga 500cc semakin memanas sejak pada waktu itu, seiring dengan bermunculannya beberapa pesaing baru dalam kompetisi yang disebutkan antara lain KTM 390 Adventure, CFMoto 450 MT-X/Ibex, Royal Enfield Himalayan, Fantic Caballero 500, lalu lain-lain. Nah, telah saatnya Benelli memperbarui TRK kelas menengah ini.
Mesin TRK502 lama memang benar agak “squishy” jikalau dibandingkan kompetitornya. Jadi, mesin baru parallel twin 549cc ditingkatkan tenaganya bermetamorfosis menjadi 61 hp pada 8.500 RPM lalu torsi bermetamorfosis menjadi 54 Nm pada 6.000 RPM.
Selain itu, mesin baru ini menggunakan engkol 270 derajat untuk meniru pengaturan waktu mesin V-twin 90 derajat, juga membuang engkol 360 derajat yang dimaksud lama. Engkol 360 derajat berarti kedua piston naik kemudian turun secara bersamaan.
Model lama juga terlalu berat untuk kategorinya, sehingga Benelli menurunkan bobot basah TRK552 bermetamorfosis menjadi 226 kg (kurang 5 kg). Berat keringnya sekitar 215 kg.
Lampu depan LED serta lampu sein menggantikan lampu halogen lalu lampu pijar model lama.
Suspensi Marzocchi depan serta belakang dapat disesuaikan, dan juga lengan ayun aluminium baru.
Sistem pengereman J. Juan dengan ABS saluran ganda. J. Juan sekarang ini dimiliki oleh Brembo.
Layar TFT baru dengan link smartphone, menggantikan LCD lama yang mana redup.
Namun model baru ini bukan dilengkapi layanan riding mode.
Benelli TRK552 (2024) pada waktu ini sedang dijual di China, sehingga besar kemungkinan distributor lokal, MForce Holdings akan segera membawanya ke sini.
Artikel ini disadur dari Beda Jauh dari TRK502, Benelli Kenalkan TRK552