TANGERANG – PT Hino Motors Sales Indonesi (HMSI) meluncurkan 2 truk terbaru pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.
Pertama, HMSI meluncurkan varian Hino500 Series FM 280 JD Retarder yang digunakan dirancang khusus untuk menggalang kegiatan bisnis operasional pelanggan di sektor pertambangan. Truk ini menawarkan peningkatan signifikan pada aspek keselamatan dan juga efisiensi biaya perawatan melalui fitur-fitur inovatifnya.
Hino500 Series FM 280 JD R dilengkapi dengan sistem pengereman tambahan Retarder CFK-360 Series, sebuah alat bantu pengereman canggih yang mana menggunakan teknologi Electro Magnetic Retarder.
Teknologi ini bekerja dengan cara menahan putaran Propeller Shaft melalui gaya medan magnet, sehingga memungkinkan truk untuk memperlambat laju kendaraan dengan lebih besar efektif lalu aman. Dengan pemakaian retarder ini, usia pakai kampas rem dapat lebih banyak panjang, menghemat biaya perawatan jangka panjang bagi para pelanggan.
“Dengan peluncuran FM 280 JD Retarder, Hino Indonesi berjanji untuk terus memberikan solusi transportasi yang tersebut aman, andal, kemudian efisien bagi sektor pertambangan. Truk ini bukan belaka menjanjikan peningkatan keselamatan melalui teknologi pengereman canggihnya, tetapi juga menawarkan beraneka layanan yang memperkuat kenyamanan serta produktivitas operasional pertambangan” jelas
Susilo Darmawan, Sales Director HMSI.
Di lengkapi tuas pengendali Retarder Level pada kabin dengan 4 tahap pengereman sesuai permintaan operasional. Hino FM 280 JD R turut mempunyai layanan lainnya seperti Digital Hour meter untuk mengetahui informasi pemakaian mesin untuk perawatan kendaraan permanen terjaga.
ES Start System untuk menghindari terjadinya kendaran mundur ditanjakan dan juga memudahkan menanjak kembali sehingga umur pakai kanvas kopling lebih tinggi awet.
Ban tipe Block yang dimaksud tahan lama juga cocok untuk medan berat, dikarenakan truk ini mempunyai GVW 26 Ton dengan Max Power 280 PS dan juga Gear Ratio 6.428 yang digunakan memberikan tenaga optimal juga kapasitas angkut maksimal. Dari sisi kenyamanan pengemudi, Hino500 Series FM 280 JD R, telah dilengkapi dengan air conditioner (AC), power window lalu central lock.
Unit kedua yang mana Hino luncurkan adalah Hino 300 Series 136 HDL 6×2. Dimana Hal ini merupakan light duty truck pertama pada Negara Indonesia dengan konfigurasi 6×2 atau 10 roda. Memiliki GVW tambahan besar yakni 14 Ton dan juga suspensi tipe trunnions serta leaf spring yang dapat menahan daya angkut yang mana berat.
Hino 300 – 136 HDL 6X2 miliki wheel base 3.495 + 1.050 mm juga panjang body hingga 5.4 meter sehingga dapat dibuat untuk aplikasi mobile bodi tangki CPO, boks, bak terbuka, lalu flat bed. Dengan daya angkut yang mana kuat lalu aksesibilitas yang dimaksud baik pada pengoperasian jalan yang mana sempit Hino 300 – 136 HDL 6×2, merupakan solusi untuk keperluan pengangkutan CPO pada area perkebunan atau angkutan kargo lainnya, sehingga permanen produktif lalu sesuai regulasi.
Hino 300 – 136 HDL 6×2 menggunakan mesin Euro 4 dengan tenaga maksimal 136 PS serta transmisi RE61 dengan 6 percepatan. Selain itu, truk ini turut dilengkapi kamera mundur untuk meninjau situasi belakang kendaraan ketika bermanuver mundur.
“Indonesia sebagai salah satu produsen CPO membutuhkan angkutan yang digunakan andal juga efisien. Dengan mayoritas Perkebunan memiliki jalan yang digunakan sempit kemudian berliku. Untuk itu, Hino menghadirkan solusi truk 136 HDL 6×2 yang merupakan truk ringan double gandar dengan GVW lebih besar besar, yang mampu mengangkut muatan lebih banyak berbagai tanpa mengorbankan kelincahan dalam jalan sempit,” tutup Susilo.
Artikel ini disadur dari Dibekali Pengereman Canggih, 2 Truk Hino untuk Pertambangan Meluncur di GIIAS 2024