Tekno  

Teknologi AMD NTBC Dikembangkan, Bisa Kecilkan Ukuran Game!

Pada akhir bulan Juni silam, AMD sempat goda teknologi terbarunya yang dinamakan AMD NTBC, dan konon bisa menyulap ukuran game dari yang sebelumnya besar, menjadi jauh lebih kecil. Wah, beneran bisa ngecilin ukuran game nih?

Teknologi AMD NTBC Dikembangkan, Ukuran Game Bisa Jadi Lebih Kecil!

Memanfaatkan AI secara terintegrasi

Melansir informasi yang disuguhkan oleh Wccftech, disebut bahwa AMD NTBC ini kali pertama diperkenalkan lalui acara Eurographics Symposium on Rendering ke-35 yang dilangsungkan pada minggu lalu.

Beberapa peneliti dari kubu merah AMD, Shin Fujieda dan Takahiro Harada, bahkan merilis paper mereka di situs GPUOPEN. Mereka beralasan bahwa ukuran game yang terus membengkak saat ini menjadi memotivasi mereka untuk mengembangkan teknologi AMD NTBC.

Ntbc Bisa Kecilkan Ukuran Game
Gunakan metode berbeda untuk hasil yang lebih maksimal

Teknologi NTBC yang merupakan singkatan dari Neural Texture Block Compression ini memanfaatkan pendekatan berbasis neural, guna mempelajari pemetaan tekstur tak terkompresi menjadi tekstur terkompresi blok. Kedua peneliti tersebut yakin bahwa dengan cara ini, ukuran game bisa menjadi lebih kecil sampai dengan 70%.

Berikut adalah kutipan dari paper yang berisikan bagaimana cara kerja teknologi tersebut:

“NTBC memanfaatkan multi-layer perception (MLP) yang secara bersamaan mengeksekusi data terkompresi blok dari semua tekstur dalam satu material, yang menghasilkan bit rate yang lebih kecil namun tak menghilangkan kualitasnya secara keseluruhan.”

Ntbc Amd Mengompresi File
Hasil kompresi tekstur yang tak berbeda jauh dari metode konvensional

Selain menjelaskan secara detil lalui paper-nya, kedua peneliti dari AMD tersebut tak lupa menjelaskan bahwa teknologi AMD NTBC ini masih belum sempurna. Dalam beberapa kasus, terkadang detil pada suatu tekstur menjadi kabur karena gunakan bit rate yang lebih rendah dari yang seharusnya.

Walau pada beberapa kasus hal tersebut bisa diantisipasi dengan gunakan metode encoding yang berbeda, namun hal ini kemungkinan hasilnya takkan sama pada semua game yang sekiranya bakal mengadopsi teknologi kompresi tekstur ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.